Kekuatan Pribadi

By | January 11, 2022

goodscoop.id merupakan media online yang mempunyai visi “Portal Keuangan Islami”. Dengan misi ini, Good Scoop membagikan tips keuangan, cara mengatur finansial, meraih harta dengan cara Islam, dan menggaungkan muamalah syariah. Good Scoop juga merangkum berita ekonomi dan finansial dari sumber-sumber terpercaya dan kredibel

Kita semua ingin memiliki kekuatan pribadi – kekuatan untuk mewujudkan impian kita, kekuatan untuk tetap tenang dan penuh kasih dalam menghadapi ketakutan, kekuatan untuk tetap terpusat pada diri kita sendiri saat menghadapi serangan.

Kekuatan pribadi: apa yang mereka dan bagaimana memberdayakan mereka dalam  terapi?

Masyarakat kita sering mengacaukan kekuatan pribadi – “kekuatan di dalam” – dengan “kekuatan atas”, yaitu tentang mengendalikan orang lain. Ada perbedaan besar antara kekuasaan dan kendali pribadi.

Kekuatan pribadi berasal dari rasa aman batin, dari mengetahui siapa diri Anda di dalam jiwa Anda, dari menentukan nilai intrinsik Anda sendiri. Ini adalah kekuatan yang mengalir melalui Anda ketika Anda terhubung dan merasakan kesatuan Anda dengan sumber bimbingan spiritual. Ini adalah kekuatan yang merupakan hasil akhir dari melakukan pekerjaan emosional dan spiritual yang mendalam untuk menyembuhkan ketakutan dan keyakinan salah yang diperoleh di masa kanak-kanak.

Tanpa kerja batin ini untuk menyembuhkan keyakinan yang menciptakan keterbatasan kita, kita terjebak dalam ego kita, diri kita yang terluka. Dasar dari ego adalah keinginan untuk mengontrol, untuk berkuasa atas orang lain dan hasil.

Ego kita adalah diri yang kita ciptakan untuk mencoba mengontrol mendapatkan cinta, menghindari rasa sakit, dan merasa aman. Kami menciptakan ego diri kami dalam upaya kami untuk melindungi diri dari kerugian yang kami takuti – kehilangan diri sendiri, kehilangan orang lain, kehilangan keamanan, kehilangan muka.

Sebagai anak-anak, ketika kami tidak mendapatkan cinta yang kami butuhkan, kami memutuskan bahwa Diri sejati kami pasti tidak dapat dicintai. Dalam upaya kita untuk merasa aman, kita mengubur Diri sejati kita dan menciptakan diri palsu – ego, diri kita yang terluka.

Ego diri kemudian belajar bagaimana merasa aman dengan mencoba mengendalikan orang lain dan hasil. Ego percaya bahwa memiliki kendali atas bagaimana orang melihat kita dan merasa tentang kita, serta atas hasil sesuatu, akan memberi kita keamanan yang kita cari.

Bahkan jika Anda berhasil memiliki kendali melalui kemarahan, kritik, penilaian, atau uang, ini tidak akan pernah memberi Anda kekuatan pribadi. Ini tidak akan pernah mengisi Anda dengan kedamaian dan sukacita dan rasa aman batin.

Kontrol mungkin memberi Anda rasa aman sesaat, tetapi itu tidak akan pernah memberi Anda rasa aman yang mendalam yang berasal dari mengetahui nilai intrinsik Anda, nilai jiwa Anda. Selama keamanan dan nilai Anda ditentukan oleh hal-hal eksternal yang bisa bersifat sementara – uang Anda, penampilan Anda, kinerja Anda, kekuasaan Anda atas orang lain – Anda akan merasa cemas. Kita merasa cemas ketika kita melekatkan nilai dan kebahagiaan kita pada hal-hal duniawi alih-alih pada kualitas-kualitas kekal, seperti kepedulian, belas kasih, dan kebaikan.

Kekuatan Pribadi 10 Contoh dan Cara Bekerja / pengembangan pribadi |  Thpanorama - Jadikan diri Anda lebih baik hari ini!

Misalnya, Walter adalah pria yang memiliki kekuatan luar biasa atas orang lain tetapi tidak memiliki kekuatan pribadi. Walter telah menghasilkan jutaan dolar sebagai presiden sebuah perusahaan investasi besar. Dia memiliki istri yang cantik, tiga anak yang sudah dewasa, dan dua rumah yang indah. Namun Walter sering cemas.

Dia khawatir kehilangan uangnya. Dia mudah terpicu menjadi marah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginannya dan orang-orang tidak berperilaku seperti yang dia inginkan. Karena hatinya tidak terbuka, dia adalah pria yang kesepian.

Walter beroperasi sepenuhnya dari egonya, percaya bahwa memiliki kendali melalui kemarahan dan uang akan memberinya kebahagiaan dan keamanan yang dia cari. Namun dia telah mencapai semua yang dia yakini akan memberinya kebahagiaan dan keamanan dan apa yang dia rasakan sebagian besar waktu adalah kecemasan dan kesepian.

Walter kosong di dalam. Dia tidak memiliki rasa tentang Diri sejatinya, tidak ada rasa keindahan di dalam dirinya, tidak ada rasa cinta dan nilai intrinsiknya. Hidupnya didasarkan pada eksternal daripada nilai-nilai spiritual cinta, kasih sayang, kejujuran dan kebaikan.

Kekuatan pribadi datang dari merangkul nilai-nilai spiritual bukan hanya nilai-nilai duniawi. Itu datang dari membuat cinta, kebaikan dan kasih sayang – terhadap diri sendiri dan orang lain – lebih penting daripada kekuasaan atas orang lain.

Itu datang dari melakukan pekerjaan batin yang diperlukan untuk memungkinkan jiwa menguasai tubuh, daripada membiarkan naluri hewan untuk melawan atau melarikan diri – naluri tubuh – menguasai pilihan kita. Ketika jiwa menguasai tubuh, Anda memiliki kekuatan untuk mewujudkan impian Anda, untuk tetap terpusat saat menghadapi serangan, untuk tetap mencintai saat menghadapi ketakutan. Ketika jiwa berkuasa atas tubuh, Anda memiliki kekuatan pribadi yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *